Panggung Para Bintang Vol 1

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Reporter : Jiwo

Rabu 27 Januari 2021, PPI IIUM melaksanakan acara Panggung Para Bintang dengan tema “Keorganisasian dan Kemahasiswaan”. Sebagai pembicara, PPI IIUM mengundang Dr. Muhammad Dhafi Iskandar, S.E., M.Sc. untuk mengisi acara ini. Beliau adalah Sekretaris Jenderal PPI Dunia 2017/2018 dan juga Doctor of Business Administration, IPAG Business School.

Acara yang diikuti oleh pengurus PPI IIUM ini dimulai pukul 20.00 MYT via platform Zoom Cloud Meetings dan acara ini dibuka oleh saudara Reiza Aufa Ulwan selaku moderator dan juga bendahara PPI IIUM. Acara berlangsung dengan baik dan lancar hingga akhir.

Dalam acara ini, Kak Dhafi menyampaikan banyak materi yang berhubungan dengan keorganisasian dan kemahasiswaan. Dalam materinya, pembicara menjelaskan betapa pentingnya aktif di organisasi, tips dan trik untuk menyeimbangkan antara organisasi dan belajar, tipe-tipe orang yang sering ditemui dalam organisasi, serta cara mengetahui karakter setiap orang di organisasi. Selain itu, beliau juga menceritakan suka duka yang ia rasakan selama aktif berorganisasi di PPI Perancis maupun PPI Dunia.

Menurutnya, organisasi juga penting untuk membangun jaringan dan silaturahmi, dan juga mengasah kepekaan sosial. Organisasi itu penting karena dengan berorganisasi kita dapat mengembangkan soft skill seperti public speaking dan time management.

Untuk mengatur waktu antara organisasi dan belajar, Kak Dhafi membagi aktivitas ke dalam empat kategori: 1) Important and urgent (penting dan mendesak), 2) Urgent but not important (mendesak tapi tidak penting), 3) Important but not urgent (penting tapi tidak mendesak) dan, 4) Not urgent and not important (tidak mendesak dan tidak penting). Dengan membagi aktivitas menjadi empat kategori ini, kita bisa dengan mudah menentukan aktivitas mana yang harus lebih diprioritaskan.

Selain memprioritaskan yang penting, tugas yang dimiliki juga perlu dipecah menjadi sub-tugas yang lebih kecil. Dengan memecah tugas yang besar menjadi beberapa tugas yang lebih kecil maka kita akan dengan mudah menyelesaikan tugas-tugas yang ada. Untuk itu, sub-tugas harus dibuat spesifik agar memudahkan kita untuk menyelesaikannya.

Menurut Kak Dhafi, setidaknya ada sepuluh tipe orang yang sering ada di dalam organisasi. Salah satunya adalah tipe penengah, pengayom, dan bijaksana. Orang seperti inilah yang sering dimintai pendapat walaupun ia bukan ketua organisasi. Dalam berorganisasi, juga penting untuk mengetahui karakter setiap orang. Untuk mengetahuinya, ada berbagai cara yang dapat dilakukan seperti mengobrol, observasi, atau bertanya ke orang lain.

Selama aktif di PPI, Kak Dhafi telah merasakan banyak hal. Baginya, aktif di PPI membuat cerita hidupnya lebih menarik, ia juga mendapat banyak ilmu berbeda dan berbagai pengalaman baru. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa aktif berorganisasi mengurangi waktu tidur dan juga me time.

Sekularisme dan Konsep Negara sekuler

Di Eropa, pada abad pertengahan, orang-orang beragama cenderung mengabaikan hal-hal manusia dan merenungkan Tuhan dan kehidupan sesudahnya. Sekularisme Renaisans bereaksi terhadap kecenderungan abad pertengahan ini

Read More »

CONTACT

Untuk pertanyaan, mohon hubungi

officialppiiium@gmail.com