Kemeriahan Special Edition Islamic Understanding Course (IUC) 2021

Divisi Pendidikan dan Dakwah dengan dibawah PPI-IIUM baru saja menyelesaikan sebuah acara tahunan. Acara yang dirangkai selama 3 hari ini dinamanakan Islamic Understanding Course atau yang biasa dikenal IUC. Tetapi, ada yang sedikit spesial pada tahun ini yaitu dengan konsep virtual dikarenakan masih adanya pandemi. Oleh karena itu, IUC pada tahun ini disematkan kata ‘special edition’. Diawali pada hari Jum’at, 2 April 2021 hingga Ahad, 4 April 2021. Acara yang berlangsung selama 3 hari yang dikemas dengan full virtual ini bertujuan selain untuk mengeratkan silaturahmi antar mahasiswa, juga untuk mengenalkan identitas PPI-IIUM kepada mahasiswa baru yang berlandaskan Islam. Para senior terdahulu selalu menekankan bahwa yang membuat PPI-IIUM berbeda dengan PPI lain di Malaysia adalah PPI-IIUM selalu berlandaskan Islam. Itulah mengapa IUC ini menjadi salah satu identitas dari PPI-IIUM. Dengan di ikuti oleh mahasiswa Indonesia baru IIUM yaitu angkatan 20, acara ini seolah menjadi wadah untuk saling berkenalan satu sama lain.

Di hari pertama, peserta disuguhi dengan diperkenalkan apa itu PPI-IIUM dengan bernapak tilas bersama senior diatas senior yaitu Ustaz Zulfan Haedar. Tak hanya talkshow, peserta juga akan dibuat kelompok halaqah bersama dengan para mentor. Di salah satu rangkaian acara IUC adalah halaqah sessión dimana para mentor akan berkumpul bersama dengan peserta dan berdiskusi tentang keagamaan sekaligus ada bonding antar-mahasiswa baru IIUM. Tak ingin peserta merasa jenuh, IUC juga menyuguhi ice breaking. Tak ingin menghilangkan rasa IUC yang sebenarnya kepada peserta, panitia pun membuat segmen outbond virtual dihari kedua. Peserta sangat antusias dalam mengikuti acaranya. Tak hanya itu, ada juga talkshow yang dihadirkan special di IUC ini yaitu Ustaz Didin Hafidhuddin, untuk mengisi segmen talkshow keagamaan dan ada juga Bapak Fahruddin Alwi di segmen talkshow leadership. Dengan dihadirkannya pembicara yang luar biasa dan materi yang menarik, peserta pun sangat bersemangat dalam mengikuti dan mendengarkan. Walaupun dengan virtual, terlihat para peserta sangat antusias dalam mencatat semua materi dan aktif bertanya. Tidak kalah seru, dihari ketiga pun diadakan talkshow tentang self-improvement­ yang sangat menarik untuk mahasiswa saat ini. Dengan pembicara Ibu Diah Hidayah, yang mempunyai pengalaman di bidang couching, talkshow menjadi sangat menarik untuk disimak para peserta. Dan dihari terakhir, para peserta menyaksikan bersama penampilan mereka yang sudah mereka rekam dan dikirim ke panitia. Ada yang menampilkan puisi berantai, acapella, bahkan ada juga yang berakting horor. Ditutup dengan pemberian penghargaan kepada peserta terbaik ikhwan maupun akhwat, serta penghargaan kelompok terbaik dan juga terkreatif.

Dengan diadakan acara Islamic Understanding Course ini, sangat diharapkan agar para peserta bisa memahami identitas PPI-IIUM dan menjaga nama baik PPI-IIUM dengan terus menjaga kelestarian adat yang sudah ditanamkan para senior terdahulu.

Reporter: Mounia Khaziqoh, Editor: Fina Kardiani

Leave a Reply