Explorasi Dunia Seni di masa Pandemi bersama Art Class PPI-IIUM 2021

Art Class merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Divisi SEBOGA (Seni, Budaya, dan Olahraga) Persatuan Pelajar Indonesia IIUM, yaitu dengan mengadakan kelas-kelas pembelajaran khusus di bidang seni. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Art Class pada tahun ini menawarkan empat bidang kelas seni yang berbeda, diantaranya; Vocal Class (Kelas Vokal), Beauty Class (Kleas Kecantikan), Photography Class (Kelas Fotografi), dan Videography and editing Class (Kelas Videografi dan Editing). Alasan terpilihnya keempat bidang ini adalah dengan melihat kondisi pandemi saat ini, dimana masyarakat lebih diutamakan untuk tetap di rumah. Maka, panitia menentukan kegiatan yang dilakukan oleh mayoritas masyarakat saat ini dengan memiliki nilai produktif dan edukatif, serta masih dalam lingkup dunia kesenian.

Art Class pada tahun ini menghadirkan para tutor yang ahli di bidangnya, diantaranya; Ridwan Dharmawan sebagai tutor kelas vokal, yang mana adalah seorang musisi serta vokal dan piano coach di sebuah lembaga les musik di Jawa Barat. Alfida Lillah sebagai tutor kelas kecantikan), yang juga adalah beauty enthusiasts yang memiliki kegemaran pada bidang make up dan all about skincare yang khususnya direkomendasikan para wanita. Pada bidang fotografi, Art Class tahun ini memilih seorang photographer bernama Arby Pamungkas untuk menjadi tutor pada kelas fotografi. Dengan segudang pengalaman di bidang fotografi, ia diyakini dapat menyampaikan ilmu serta pengalamannya kepada peserta kelas fotografi. Dan yang terakhir, Fityan Syahid sebagai tutor pada kelas videografi dan editing. Dia merupakan seorang videographer, photographer, dan juga editor yang sangat berpengalaman pada bidangnya yang juga saat ini menjadi salah satu crew PPI TV.

Pada tahun ini, kegiatan Art Class dibuka tidak hanya untuk para pelajar IIUM, melainkan dibuka untuk umum, dan dari kalangan manapun dengan batas usia minimal 10 tahun. Kegiatan ini berlangsung secara online melalui media Zoom Cloud Meetings selama satu bulan penuh yaitu di bulan Juli di setiap hari jumat dan sabtu, dimulai dari tanggal 9 – 31 Juli 2021. Kegiatan kelas berlangsung pada pagi hari untuk kelas vokal dan kelas kecantikan, sedangkan untuk kelas fotografi dan videografi dilaksanakan pada malam hari. Kegiatan kelas berlangsung selama 2 jam dengan pembagian waktu sebagai berikut; 10 menit pertama merupakan masa registrasi atau pengisian form absen oleh peserta. Kemudian dilanjuti dengan pembukaan oleh pembawa acara dan penyampaian materi oleh tutor selama kurang lebih 1 jam 15 menit, serta dilanjutkan dengan sesi QnA yang berdurasi selama 20 menit. Sebelum kelas ditutup, para peserta dianjurkan untuk menulis kesan terhadap kelas pertemuan hari itu melalu platform mentimeter (menti.com) dan yang paling terakhir ialah sesi foto bersama.

Setelah berakhirnya kegiatan Art Class, panitia menentukan dan mengumumkan 4 peserta terbaik yang diambil dari setiap bidang kelasnya. Para peserta terbaik tersebut akan mendapatkan hadiah berupa official merchandise PPI-IIUM guna memberikan apresiasi dan diharapkan dapat memotivasi peserta untuk tetap dan selalu aktif dalam menjalani segala kegiatan positif.

Pada tanggal 31 Juli 2021, kegiatan Art Class telah sampai pada sesi kelas terakhir. Acara ini diharapkan dapat menjadi sarana pengembangan ilmu wawasan dalam bidang – bidang seni yang diadakan dan juga dapat menjadi sarana untuk menyiarkan nama baik PPI-IIUM di kancah nasional maupun internasional.

Leave a Reply