Esensi Krisis Teluk: Indonesia, Qatar dan ‎Peluang ‎

Subjek politik dalam konteks negara-negara Teluk pada dasarnya berkutub pada Saudi Arabia dan Qatar.

Emirat Arab dan Bahrain walaupun memainkan peran yang dapat dijadikan alasan kuat mereka menjadi aktor utama, namun tanpa dukungan Saudi Arabia, mereka hanyalah kumpulan sopir angkutan umum yang merebutkan Amerika sebagai penumpang.

Lalu, apa yang begitu menarik dari Qatar?

Apakah Qatar menjadi prioritas Indonesia dalam kebijakan luar negerinya terutama kawasan semenanjung Arab? Jika iya, seberapa besar efek dari kerjasama yang telah terbangun dan akan disetujui?

Demokrasi dalam Bingkai Ke-Indonesiaan

Definisi demokrasi dari Abraham Lincoln, Presiden Amerika Serikat ke-16, menyebutkan bahwa demokrasi adalah sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Memahami dan menyadari konteks dimana demokrasi itu bertempat adalah sangat penting. Demokrasi yang ada di negara-negara barat pada umumnya, tidak akan pernah cocok untuk diterapkan di negara-negara timur seperti Indonesia.

Lalu bagaimana memahami demokrasi dalam bingkai ke-Indonesiaan??

Krisis Ekonomi Global 2009: Dampak Pada Perekonomian Indonesia

Berapa banyak dari kita yang tahu tentang krisis ekonomi dunia 2009? Apakah implikasinya terhadap perekonomian Indonesia? Untuk mengetahui kronologinya, pertama kita wajib mengetahui latar belakang krisis ini. Brookings Instituition (2008) memaparkan bahwa krisis ekonomi global 2009 disebut juga subprime crisis, diindikasikan sebagai krisis terburuk sejak the Great Depression 1930s. Menurut laporan Bank Indonesia (BI) 2009, subprime crisis disebabkan oleh aktifitas peminjaman uang kepada pembeli rumah yang cenderung untuk default atau tidak mampu melunasi pinjaman karena memiliki sejarah keuangan yang buruk. Pernyataan ini juga didukung dengan kurangnya pengawasan, terutama dari regulator moneter.

Membangun yang Terlupa untuk Politisi Bangsa

Pada 24 April lalu, seorang kepala desa di Kebumen tertangkap karena mengkonsumsi sabu-sabu. Lalu pada jumat 27 April, Republika melaporkan bahwa dua remaja putri di Sukabumi tewas akibat minuman oplosan. Masih pada hari yang sama, terjadi kasus tawuran antar pelajar di Kota Bogor, tepatnya di depan SMK Tri Dharma 4 Bogor. Dilaporkan 2 orang yang menjadi korban sedang berdiri di samping jalan untuk menunggu angkot, lalu datang segerombolan siswa mengendarai motor, dengan senjata tajam mereka menyerang korban. Serta kasus terbaru misalnya, intimidasi oleh sebagian peserta car free di Jakarta yang berpakaian #2019 ganti Presiden terhadap mereka yang berpakaian mendukung Presiden.