Indonesian day, acara tahunan PPI-IIUM kembali diadakan pada tahun 2020 dengan konsep yang berbeda. Dengan konsep virtual, acara Indonesian Day 2020 yang berlangsung selama 4 hari yaitu dimulai dari tanggal 17 agustus 2020 s.d. 20 Agustus 2020 berjalan dengan lancar dan mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Walaupun berlangsung secara online, acara besar PPI-IIUM ini tetap mencapai tujuan utama acara yakni, menciptakan sinergi yang kokoh dalam ikatan sialturrahmi antar seluruh warga Indonesiai di IIUM. Hal ini terbukti dari banyaknya dukungan dan partisipasi mahasiswa hingga para alumni IIUM.

Seperti biasanya, acara Indonesian Day memiliki beberapa rentetan acara. Yang pertama yaitu Pembukaan Seremonial Indonesian Day pada tanggal 17 Agutus 2020 dan dimulai pukul 20.00 MYT. Acara ini merupakan pembuka dari rangkaian agenda Indonesian Day 2020 yang diadakan secara daring mengundang Duta Besar KBRI, Ketua PPI Malaysia, Ketua PPI IIUM, dan Ketua Student Union IIUM untuk  membahas mengenai kondisi pembelajaran mahasiswa di IIUM.

Rentetan acara yang kedua, yaitu Indonesian Food Stage pada tanggal 18 Agustus 2020 pukul 14.00 MYT. Acara ini mengundang salah satu alumni IIUM yang memiliki sebuah restoran yaitu Ilham Fadhillah Amka untuk melakukan demonstrasi memasak makanan tradisional. Acara tersebut dilanjutkan dengan acara Ruang Diskusi yang berlangsung pukul 20.00 MYT yang mengundang perwakilan POK (Paguyuban, Organisasi, dan Komunitas) yang didalamnya mengangkat isu-isu yang ada di tengah masyarakat dan membahasa mengenai Nasionalisme.

Pada hari selanjutnya 19 Agustus 2020, berlangsung acara Alumni Reunion. Acara ini mengundang alumni IIUM yang ada di Indonesia (ILMUNA) yang telah berkiprah dijalannya masing-masing. Pada acara ini, para peserta acara yang masih berstatus mahasiswa tentunya mendapat banyak pelajaran dan nasehat dari pengalaman kakak dan abang alumni. Sesi sharing dinilai sangat mengeratkan tali persaudaraan lewat perbincangan ringan antara para alumni dan peserta acara.

Tanggal 20 Agustus 2020,berlangsung acara Talkshow Indonesian Day yang mengundang Aulion seorang contentcreator, Lily Yulianti Farid seorang pendiri dan direktur “MakassarInternational Writers Festival” dan Maurilla Sophianti Imran seorang pendiriZero Waste Indonesia. Acara ini berbentuk sharing para pembicara untukmemberikan inovasi, wawasan dan motivasi. Pada malam hari, sampailah padapuncak acara yaitu Tabligh Akbar dan Penutupan Seremonial Indonesian day 2020.Acara ini juga ditujukan sebagai penyambutan tahun baru islam 1442 H. Adapunbentuk acaranya adalah khataman Al-Qur’an, dzikir akbar, tausiyah agama olehustadz Taufiqurrahman, dan penutupan Indonesian day 2020. Pada acara penutupanini juga disisipkan pengumuman pemenang dari Challenge yang berupa lombafotografi dan videografi dan PPI Got Talent. Dengan berlangsungnya acara inimaka Indonesian Day 2020 resmi ditutup.(Red/Afaf)