Blood, Life, Happiness

Pada pelaksanaan Indonesian day 2019, terdapat satu event baru yang belum pernah diadakan di tahun tahun sebelumnya, Apa itu?. Yups, Blood Donation atau biasanya lebih dikenal sebagai Donor darah adalah event baru dari Id Day yang pelaksaanya diadakan pada hari Selasa,2 Oktober 2019 yang bertempat di SHAS Mosque,IIUM yang dimulai dari pukul 09.30 – 15.30.

“Save life, give blood“ itulah sedikit kutipan dari Kak Nadia Husna Keumala, koordinator acara Blood Donation Indonesian day 2019 untuk para pendonor darah. Blood Donation sendiri merupakan sebuah event yang baru saja diadakan pada perhelatan acara tahunan Indonesian day 2019. Pada pelaksanaanya, Panitia Blood Donation berkerja sama dengan pihak UM Hospital untuk bantuan tenaga medis.

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tujuan dari diadakanya acara ini. Lebih jauh lagi, darah yang disumbangkan oleh para sukarelawan akan ditampung di pusat darah Negara, yang mana akan di sebarkan ke rumah sakit yang membutuhkan.

Untuk kriteria pendonor yang ingin menyumbangkan darahnya, mereka cukup membawa passport atau IC dan minimal sudah menghabiskan satu tahun pertama untuk tinggal di Malaysia, dan tim dokter akan melakukan check up dan akan menentukan apakah mereka bisa mendonorkan darah mereka atau tidak.

Tak bisa dipungkiri, acara donor darah yang pertama kali diadakan di Indonesian day kali ini mendapat respon yang baik dari masyarakat. Tercatat sudah ada sekitar 160 orang untuk mendonorkan darahnya. “Unexpected” itulah kata yang diutarakan oleh kak Nadya husna koemala selaku koordinator acara ketika ditanya tentang tanggapan dan perasaan terhadap acara donor darah kali ini. Untuk kedepanya, diharapkan acara Blood Donation ­ini bisa menjadi acara rutin di setiap pelaksaan Indonesian Day dan manfaat yang dihasilkan dari acara ini bisa bermanfaat untuk orang banyak.  (red/wf)