GUF, Kuala Lumpur 26 November 2018

GUF 2019

Global ummatic festival adalah acara tahunan dan merupakan acara terbesar yang di adakan oleh international Islamic university malaysia yang bertujuan untuk memupuk tali persaudaraan antara mahasiswa-mahasiswa IIUM lintas negara, karna seperti yang kita tau bahwa terdapat lebih dari 100 negara yang berbeda-beda dengan latarbelakang dan suku yang beragam yang berada di IIUM.

Global ummatic festival atau yang biasa akrab di panggil GUF berlangsung selama satu pekan dengan rentetan acara yang sangat menarik antara lain, perombaan sepak bola dan futsal antar negara, perlombaan menghias booth dengan budaya negara ya masing-masing dan di tutup dengan malam puncak kebudayaan yang di isi oleh tarian-tarian tradisional dari berbagai negara. Acara ini di ikuti oleh semua mahasiswa dari semua negara yang ada di IIUM. Maka pada tahun ini persatuan pelajar Indonesia untuk kesekian kalinya berkesempatan untuk berpartisipasi dalam acara ini.

Dari sekian jenis perlombaan yang berlangsung selama satu pekan, dengan rasa bangga teman-teman persatuan pelajar Indonesia (PPI) mengirimkan utusan di semua perlombaan dengan harapan dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Perlombaan demi perlombaan di lewati Bersama, pada divisi olahraga sepak bola tim kesebelasan Indonesia (Dynamo FC) yang di pimpim oleh saudara Firdaus sebagai kapten kesebelasan dan saudara Amran prasetya sebagai managernya. Setelah melalui proses yang cukup sulit dengan mengalahkan negara-negera tetangga bahkan dapat menahan imbang tim dari benua afrika, kesebelasan Dynamo FC dapat meraih posisi ketiga di akhir laga. Di posisi kedua di menangkan oleh Somilia dan Al Ahli Yaman berhasil keluar sebagai juara sepak bola GUF 2019.


Di cabang olahraga futsal Indonesia belum di beri kesempatan untuk lolos di babak grup, tetapi hal tersebut tidak memadamkan api semangat teman-teman untuk mengharumkan nama Indonesia dalam ajang tahunan yang sangat bergengsi ini. hal tersebut terbukti dengan semangat dari tim dekorasi yang setiap malam mendekorasi dan menghias booth Indonesia agar terlihat menarik dan berwarna sehingga dapat mempresentsikan budaya Indonesia kepada mahasiswa internasional dan juga di cabang seni tari perempuan teman-teman Indonesia yang di pimpin oleh sudara alviani rahma menampilakan tari genjring versi modern dan berhasil menduduki juara tiga.


Dan pada malam puncak global ummatic festival tahun Indonesia akan menyuguhkan tarian tradisional dengan konsep modern yang sudah di buat sedemikian rupa. Tema yang di usung pada penampilan ini adalah perpaduan antara budaya jawa dan bali. Musik khas bali yang terkesan horor akan mengiringi tarian topeng ireng asal magelang dan tarian wayang jawa. teman-teman dari tim seni tari yang di pimpin oleh saudara ilhamsani berasil lolos di fase kualifikasi dan berkesempatan untuk tampil di malam puncak dengan tiga negara lain yang memepersembahkan tarian tidak kalah menarik yaitu, Singapura, Somalia, Yaman, dan Afghanistan.

Dan dengan semangat para penampil yang tiada habisnya di tambah lagi dukungan yang sangat luar biasa dari seluruh warga PPI-IIUM yang pada malam puncak hadir memenuhi Gedung IIUM cultural cantre (ICC), pada malam itu tepatnya pada hari kamis tanggal 29 desember 2019, mereka berhasil mengharumkan nama Indonesia untuk yang kesekian kalinya dengan meraih juara pertama dan mengalahkan negara-negara lainya yang juga telah memberikan penampilan terbaiknya. IN..DO..NE..SIA!! gemuruh sorakan dari semua penonton memenuhi Gedung ICC di malam itu di sertai dengan tangisan haru campur senang seluruh jajaran panitia, para penampil dan seluruh mahasiswa Indonesia yang terlibat dalam kemenangan ini. memang tidak bisa dipungkiri lagi, malam kebudayaan GUF merupakan acara yang paling di tunggu-tunggu dari seluruh rentetan acara. Dan semua warga IIUM pada malam itu telah menjadi saksi kemengan Indonesia. Sekali lagi rasa syukur kami panjatkan kepada Allah SWT atas semua yang telah kita capai semoga kemengan ini bisa menjadikan para pelajar Indonesia lebih semangat dalam menuntut ilmu dan dapat mempererat tali silaturrahmi khususnya antar mahasiswa Indonesia dan antar mahasiswa internasional pada umumnya.