Oleh: Fachri Mirza Muhammad

Kuala Lumpur (20/05): Persatuan Pelajar Indonesia International Islamic University Malaysia (PPI-IIUM) berhasil menyelenggarakan acara yang bernama Tarhib Ramadan dan Ifthar Jama’i. Acara yang dihadiri oleh lebih dari 200 orang ini berlangsung pada hari Jum’at, 18 Mei 2018 yang diadakan di Gedung Kollosium Engineering IIUM, Malaysia.

Tarhib Ramadan dan Ifthar Jama’i ini adalah kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya untuk menyambut bulan suci Ramadan yang dihadiri oleh para mahasiswa dan dosen Indonesia yang berada di IIUM. Beberapa kegiatan yang bisa ditemukan selama acara berlangsung ialah tausiyah, buka bersama, dan juga silaturahim untuk mempererat tali persaudaraan antara mahasiswa dan dosen di IIUM.

Dalam mensukseskan acara tahun ini, PPI-IIUM berhasil berkolaborasi dengan paguyuban-paguyuban Indonesia yang ada di IIUM dan juga mengundang para dosen Indonesia yang mengajar di IIUM.

Acara ini turut dimeriahkan oleh penampilan hadrah yang di bawakan oleh Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) dan tausiah oleh ustadz Dr. Muntaha Artalim Zaim tentang persatuan umat Islam dalam hal kebaikan dan planning untuk kegiatan Ramadhan.

Selama mengisi tausiah, beliau menjelaskan tentang betapa pentingnya makna persatuan di kalangan umat Islam di Indonesia meskipun perbedaan mazhab dan pendapat sering ditemui karena persatuan akan memperkokoh kita.

“Semoga dengan diadakannya acara ini bisa menjadi sarana silaturahim bagi mahasiswa Indonesia dan membawa banyak keberkahan kepada kita menjelang menghadapi ujian”, ujar Rachibunni’am selaku ketua panitia buka puasa tahun ini.

Acara buka puasa kali ini turut memperkenalkan para dosen pengajar di IIUM kepada para mahasiswa guna mempererat tali silaturahim antara dosen dan mahasiswa Indonesia di IIUM.

Acara ini ditutup dengan makan bersama dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama mahasiswa dan dosen yang hadir.