Oleh: Nadya Husna Keumala

GOMBAK, 8 April 2018: PPI-IIUM berhasil mengadakan acara yang bertajuk “Academic Workshop and Video Editing” di salah satu ruangan yang berada di Engineering, E1 3.9 pada 7 April 2018. Acara ini berlangsung dari pukul 11.00am-04.00pm dengan menghadirkan tiga tema berbeda sekaligus dalam satu waktu. Respon dari para peserta sangatlah baik melihat dari jumlah peserta yang hadir mencapai kurang lebih 60 orang dan berhasil memenuhi ruangan acara.

Acara ini tentulah memberi manfaat yang sangat besar bagi para peserta, karena nyatanya kehidupan mahasiswa memang tak pernah luput dari tugas ilmiah. Dan tak jarang pula, tugas-tugas tersebut menuntut para mahasiswa untuk memiliki soft skills dalam bidang editing. Oleh sebab itu, ide diadakannya acara ini sangatlah relevan dengan kehidupan mahasiswa karena berhasil menjawab problematika mahasiswa dalam satu waktu sekaligus.

Ada tiga detail yang dibahas dalam acara tersebut. Yang pertama adalah Academic Writing yang langsung disampaikan oleh salah satu dosen UGM yang sedang melanjutkan pendidikan doktoral-nya di IIUM, yaitu Fajri Matahati S. H., LL.M., Ph.D (CAND), dan kemudian dilanjutkan dengan Online Presence yang disampaikan oleh ahlinya yaitu Muhammad Wildan Zulfikar, dan yang terakhir adalah kolaborasi antara Ilham Fadhilah Amka dan Widyan Kamili yang menjelaskan tentang detail cara mengedit video, baik itu video assignment, event, dan juga vlog.

Semua pemateri berhasil menyampaikan materi dengan baik sehingga forum yang terbentuk adalah forum dengan komunikasi dua arah. Forum yang tidak kaku dan memiliki komunikasi yang baik dengan para peserta. Semua pemateri juga menyampaikan materi dengan bahasa yang sangat sederhana. Sehingga bagi mahasiswa yang baru saja mendalami bidang tersebut dapat mengikuti penjelasan dengan sangat baik.

Acara ini juga merupakan wujud nyata dari kontribusi PPI dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh mahasiswa Indonesia di luar negeri. Semoga nantinya, akan lebih banyak lagi acara-acara serupa yang dapat memberi pengaruh luar biasa bagi para mahasiswa disini.