Oleh : Fachri Mirza

Selasa (27/2) lalu, Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur, Prof. Dr. Ir. H. Ari Purbayanto, M.Sc., menghadiri serta membuka Upacara Kelas bahasa Indonesia di Kampus IIUM.

Kelas bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) merupakan program bagi penutur asing guna menyebarluaskan bahasa Indonesia dan juga merupakan media untuk menyampaikan berbagai informasi tentang Indonesia, termasuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia. Program tahunan ini adalah bentuk kerjasama dari Atase Pendidikan dan Kebudayaan (ATIKBUD) dan PPI IIUM.

“Dengan adanya kelas bahasa Indonesia ini, kita bisa menyebarluaskan budaya dan bahasa kepada pelajar-pelajar asing, dan kita berharap agar mereka dapat mencintai Indonesia dan mempelajari lebih tentang Indonesia” Tutur Prof Ari Purbayanto.

Acara pembukaan berjalan meriah dengan dibubuhi penampilan menarik Puisi bahasa Indonesia yang dibawakan oleh mahasiswa Indonesia di IIUM.

Peserta kelas bahasa Indonesia tahun ini berjumlah 50 Mahasiswa yang terdiri dari Singapura, Malaysia, Brunei, Bangladesh, Arab Saudi, Turki, dan Somalia.

“I love Indonesia, one day I will travel there and could spent my time to explore its culture” tutur Abdullah, Mahasiswa berdarah Somalia dan salah satu peserta kelas bahasa Indonesia.