Menakar Janji Mr. M

Proses pelaksanaan Pemilihan Umum ke-14 di Malaysia telah berjalan dengan baik dengan kemenangan partai oposisi yang berhasil menumbangkan partai pemerintah yang telah memenangkan Pemilihan Umum selama lebih dari 60 tahun.

Tentunya kemenangan partai oposisi ini menjadikan Malaysia seolah-olah berada dalam era baru demokratisasi oleh karena sebelumnya yang menjadi pemenang Pemilihan Umum selalu dari partai pemerintah, namun sekarang justru yang menjadi pemenang Pemilihan Umum adalah partai oposisi sehingga berhak untuk mengatur pemerintahan Malaysia selama lima tahun ke depan.

Demokrasi dalam Bingkai Ke-Indonesiaan

Definisi demokrasi dari Abraham Lincoln, Presiden Amerika Serikat ke-16, menyebutkan bahwa demokrasi adalah sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Memahami dan menyadari konteks dimana demokrasi itu bertempat adalah sangat penting. Demokrasi yang ada di negara-negara barat pada umumnya, tidak akan pernah cocok untuk diterapkan di negara-negara timur seperti Indonesia.

Lalu bagaimana memahami demokrasi dalam bingkai ke-Indonesiaan?

Kapan Kita Merdeka Secara Intelektual?

Tiap tahun pada tanggal 17 Agustus kita selalu merayakan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Indonesia raya, merdeka! Merdeka!” seru para peserta upacara saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Undang-Undang Dasar Republik Indonesia dimulai pada pembukaannya dengan “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa.”

Akan tetapi, ternyata sekian banyak rakyat Indonesia masih mengkritisi hakikat kemerdekaan itu sendiri dan mempertanyakan apakah Indonesia telah sungguh-sungguh merdeka.

Membangun yang Terlupa untuk Politisi Bangsa

Pada 24 April lalu, seorang kepala desa di Kebumen tertangkap karena mengkonsumsi sabu-sabu. Lalu pada jumat 27 April, Republika melaporkan bahwa dua remaja putri di Sukabumi tewas akibat minuman oplosan. Masih pada hari yang sama, terjadi kasus tawuran antar pelajar di Kota Bogor, tepatnya di depan SMK Tri Dharma 4 Bogor. Dilaporkan 2 orang yang menjadi korban sedang berdiri di samping jalan untuk menunggu angkot, lalu datang segerombolan siswa mengendarai motor, dengan senjata tajam mereka menyerang korban.

Serta kasus terbaru misalnya, intimidasi oleh sebagian peserta car free di Jakarta yang berpakaian #2019 ganti Presiden terhadap mereka yang berpakaian mendukung Presiden.