Krisis Ekonomi Global 2009: Dampak Pada Perekonomian Indonesia

Berapa banyak dari kita yang tahu tentang krisis ekonomi dunia 2009? Apakah implikasinya terhadap perekonomian Indonesia? Untuk mengetahui kronologinya, pertama kita wajib mengetahui latar belakang krisis ini. Brookings Instituition (2008) memaparkan bahwa krisis ekonomi global 2009 disebut juga subprime crisis, diindikasikan sebagai krisis terburuk sejak the Great Depression 1930s.

Menurut laporan Bank Indonesia (BI) 2009, subprime crisis disebabkan oleh aktifitas peminjaman uang kepada pembeli rumah yang cenderung untuk default atau tidak mampu melunasi pinjaman karena memiliki sejarah keuangan yang buruk. Pernyataan ini juga didukung dengan kurangnya pengawasan, terutama dari regulator moneter.

Esensi Krisis Teluk: Indonesia, Qatar dan ‎Peluang ‎

Subjek politik dalam konteks negara-negara Teluk pada dasarnya berkutub pada Saudi Arabia dan Qatar.

Emirat Arab dan Bahrain walaupun memainkan peran yang dapat dijadikan alasan kuat mereka menjadi aktor utama, namun tanpa dukungan Saudi Arabia, mereka hanyalah kumpulan sopir angkutan umum yang merebutkan Amerika sebagai penumpang.

Lalu, apa yang begitu menarik dari Qatar?

Apakah Qatar menjadi prioritas Indonesia dalam kebijakan luar negerinya terutama kawasan semenanjung Arab? Jika iya, seberapa besar efek dari kerjasama yang telah terbangun dan akan disetujui?

Rupiah Berada Pada Posisi Terburuk Sepanjang Sejarah ; Pasca Krisis Moneter Asia 1998

Dengan banyaknya kejadian gempa dan tsunami pada beberapa daerah di Pulau Sulawesi dan Jawa akhir-akhir ini, fokus masyarakat Indonesia dan dunia adalah bagaimana untuk membantu keluarga korban bencana baik secara moril maupun materil. Disamping itu, Indonesia saat ini juga semakin terpuruk dengan melemahnya Rupiah terhadap dolar AS.

Tak sampai disitu, melemahnya rupiah terhadap dollar AS semakin memperburuk kondisi keuangan dan tingkat konsumsi barang masyarakat Indonesia. Kali ini Rupiah menghadapi tekanan terberat sepanjang sejarah setelah Krisis Moneter Asia pada tahun 1998.