GOMBAK, 10 Desember 2019: Perhelatan tahunan yang terpadu dalam Global Ummatic Festival (GUF) 2019 berlangsung sangat meriah. Dimulai tepat pukul 20.00, Main Hall ICC International Islamic University Malaysia (IIUM) telah terisi penuh oleh para mahasiswa dari berbagai penjuru dunia yang sangat antusias menyaksikan penampilan-penampilan . Cultural Performance ini dimeriahkan oleh persembahan budaya dari berbagai negara; Chad, Yaman, Somalia, Cina, Malaysia, Sudan, Palestina, Indonesia, Bangladesh, Comoros, Singapura, dan Guinea.

Setiap negara memiliki caratersendiri dalam memperkenalkan budaya mereka kepada para pengunjung. Disela-sela kemegahan para performer, Global Ummatic Festival juga menghadirkanperlombaan booth antar negara. Merekamenampilkan tarian khas dan mengajak para pengunjung untuk ikut menari di depanbooth. Ada juga yang menawarkanjajanan khas negaranya kepada para pengunjung. Beberapa dari mereka jugaterlihat mencoba mengenakan pakaian khas yang sengaja dipamerkan. Setiap booth juga sudah dilengkapi dekorasiunik oleh masing-masing negara sesuai budaya mereka.  

Selain CulturalPerformances, GUF 2019 sendiri juga menyelenggarakan perlombaan dalambidang olahraga, seperti futsal dan sepakbola. Pada perlombaan sepak bolasendiri, Alif dkk berhasil  keluarsebagai jawara grup dengan tidak menelan sekalipun kekalahan. Sayangnya, timIndonesia harus meyudahi turnamen setelah ditekuk Yaman di semifinal. Namun,kondisi berbeda dialami tim futsal Indonesia yang dikomandoi oleh Sdr. Qadryyang berhasil menjadi juara 1 setelah melawan Afghanistan di partai puncak.

Setiap negara memiliki cara tersendiri dalam memperkenalkan budaya mereka kepada para pengunjung. Disela-sela kemegahan para performer, Global Ummatic Festival juga menghadirkanperlombaan booth antar negara. Merekamenampilkan tarian khas dan mengajak para pengunjung untuk ikut menari di depanbooth. Ada juga yang menawarkanjajanan khas negaranya kepada para pengunjung. Beberapa dari mereka jugaterlihat mencoba mengenakan pakaian khas yang sengaja dipamerkan. Setiap booth juga sudah dilengkapi dekorasiunik oleh masing-masing negara sesuai budaya mereka.  Selain CulturalPerformances, GUF 2019 sendiri juga menyelenggarakan perlombaan dalambidang olahraga, seperti futsal dan sepakbola. Pada perlombaan sepak bolasendiri, Alif dkk berhasil  keluarsebagai jawara grup dengan tidak menelan sekalipun kekalahan. Sayangnya, timIndonesia harus meyudahi turnamen setelah ditekuk Yaman di semifinal. Namun,kondisi berbeda dialami tim futsal Indonesia yang dikomandoi oleh Sdr. Qadryyang berhasil menjadi juara 1 setelah melawan Afghanistan di partai puncak.

Saat yang sangat ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Acara ditutup dengan pengumuman pemenang dari seluruh perlombaan yang berlangsung dalam satu pekan ini. Indonesia berhasil memperoleh kejuaraan dalam beberapa bidang; Juara 1 Futsal, Sister’s Night dan Cultural Performance. Dengan begitu, Indonesia dinobatkan menjadi Juara Umum Global Ummatic Festival 2019.

Oleh Nisa Habiba & Azizah Ulfa

untuk dokumentasi GUF 2019, bisa di cek langsung di copy link dibawah 🙂

https://drive.google.com/open?id=16CXoC2tt8Q_sYPJQicKUMVeOL493hTHq