CLOSING CEREMONY

Closing Ceremony merupakan acara puncak yang mengakhiri segenap agenda Indonesian Day 2019 yang telah berlangsung beberapa hari ini. Acara yang dilaksanakan pada hari Jumat, 4 Oktober 2019 ini dihadiri oleh Atase Pendidikan Sosial Budaya KBRI Kuala Lumpur, Agung Cahaya Sumirat, Rektor International Islamic University Malaysia (IIUM), Prof. Emeritus Tan Sri Dato Dzulkifli Abdul Razak, Special Officer of Rector, Tun Anuzi, Deputy Rector of Internationalization & Global Network, Prof. Dr. Nor Faridah Abdul Manaf, serta sejumlah dosen. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan IIUM Leading the Way dilantunkan oleh seluruh audiens yang memenuhi Main Auditorium secara khidmat.

Acara yang dipandu oleh Rachel Noorajavi dan Diki Dermawan, selaku pembawa acara, diawali dengan sambutan dan ucapan terimakasih dari Ketua Persatuan Pelajar Indonesia International Islamic University Malaysia (PPI-IIUM), Achmad Rachibunniam, kepada seluruh panitia dan partisipan yang telah mendukung kelancaran Indonesian Day 2019. Dilanjutkan dengan sambutan dari Atase Pendidikan Sosial Budaya KBRI Kuala Lumpur, Agung Cahaya Sumirat, yang menyampaikan apresiasi atas diadakannya acara yang begitu menjunjung tinggi rasa cinta tanah air sekaligus menambah skill sebagai diaspora yang terus berkembang, baik dalam hal wawasan keilmuan maupun sosial. Rektor International Islamic University Malaysia (IIUM), Prof. Emeritus Tan Sri Dato Dzulkifli Abdul Razak, juga mengungkapkan bahwa acara ini mempererat persatuan Malaysia dengan bangsa satu rumpun, yaitu Indonesia, yang sesungguhnya hanya terbatas secara artifisial. Beliau juga sangat mengapresiasi ragam budaya, lagu, talenta, dan kreatifitas pemuda Indonesia.

Malam Closing Ceremony Indonesian Day 2019 berlangsung sangat meriah dengan penampilan segenap ragam keindahan Nusantara. Dibuka dengan peragaan busana adat Indonesia, serta diikuti performa drama, Angklung, Tari Kecak, Tari Saman, dan seni beladiri. Penonton dari berbagai negara sangat antusias menyaksikan persembahan yang telah dipersiapkan oleh mahasiswa Indonesia sejak beberapa bulan yang lalu. Nour Al-Huda, salah satu penonton asal Jerman, menyampaikan kekagumannya terhadap keindahan Indonesia dari segala aspek budaya yang dimilikinya.

Tak sedikit pengorbanan dan jerih payah telah didedikasikan untuk kelancaran acara Indonesian Day 2019. Penanggungjawab Closing Ceremony, Ilham Tsani Rasyidan, menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh performer dan partisipan karena telah memeriahkan serta menutup agenda ini dengan sempurna. Sebuah kutipan dari video penutup acara tahunan yang sangat menarik ini adalah,” Only youth can save the existance of the culture.” Sampai jumpa di Indonesian Day berikutnya! (red. Nisa Habiba)